Senin, 05 April 2010

Kesiapan Menghadapi Ujian

1. Siapkan Mental

Untuk menghadapi ujian , kamu membutuhkan persiapan mental. Jangan cemas menghadapi ujian. Rasa cemas hanya akan meruntuhkan mentalmu.
Untuk menghilankang rasa cemasmu, ikuti tips di bawah ini :
  • Hindari model belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) Model belajar semacam ini tidak membuatmu lebih baik. Ingat, kemampuan otak setiap orang ada batasnya. Belajar semacam ini justru merugikan buat kamu. Selain staminamu akan terkuras habis, tidak banyak pula ilmu yang dapat kamu serap.
  • Biasakan berlatih mengerjakan soal Berlatih mengerjakan soal akan membuatmu terbiasa berhadapan dengan soal-soal ujian. Akan lebih baik lagi jika soal-soal tersebut mengacu kisi-kisi UASBN. Buku Detik-Detik UASBN di dalamnya terdapat kisi-kisi yang mengacu dengan SKL.
  • Bayangkankesuksesan Bayangkan, jika kamu sukses menaklukan Ujian. Orang tua dan guru kamu pasti merasa bangga. Dan ini yang penting kamu bisa melanjutkan ke sekolah favorit.
  • Yakin bisa, pasti bisa Katakan : " saya pasti berhasil menaklukan ujian ini ". Ujian bukan sesuatu yang harus ditakuti. Katakan itu sesering mungkin . Kata-kata itu akan membuatmu mantap menghadapi ujian.
  • Berdoalah Doa mempunyai kekuatan yang luar biasa asal dibarengi dengan keyakinan bahwa doa itu Insya Allah akan dikabulkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar